Senin, 25 Januari 2010

MUSIM HUJAN

Dimulai dari gerimis kecil lalu menjadi hujan yang sangat lebat, itulah yang sering terjadi di daerah sekeliling kita belakang ini. Bulan-bulan ini adalah memang musim hujan, di setiap akhir tahun pasti musim ini datang menghampiri Indonesia. Tapi senang juga kalau ada hujan turun, itu artinya anak-anak yang senang akan hujan mulai bermain dibawah guyuran air hujan. Tapi kita tetap harus waspada terhadap apa yang akan terjadi kalau sudah datang musim hujan.
Terkadang kalau sudah mulai musim hujan, kegiatan-kegiatan di luar area perteduhan akan sering terhenti. Pada musim hujan juga kita harus tetap berhati-hati, karena pada saat musim hujan nyamuk-nyamuk akan keluar dari sarangnya dan meninggalkan telur-telurnya menetas dengan sendirinya. Ini harus di waspadai, karna nyamuk bisa menimbulkan penyakit demam berdarah atau DBD. Penyakit demam berdarah sering sekali menimbulkan korban. Belum lagi yang sakit demam berdarah, dan yang paling cepat terkena penyakit ini adalah anak-anak.

Jadi, disamping berdampak positif, hujan juga bisa berdampak negatif. Dampak positif misalnya, tanaman-tanaman bisa lebih subur dan lebih hijau, sawah tidak perlu memakai perairan buatan, karna dengan hujan sawah juga bisa subur dan lebih hijau, jadi enak dipandang mata. Tapi itu hanya dampak positif, mungkin dampak negatif lebih banyak dari dampak positif. Kalau hujan terus-terusan dan seharian mungkin tidak reda, maka akan menimbulkan kebanjiran untuk daerah-daerah yang datarannya rendah. Dan mungkin juga bisa menghilangkan polusi. Polusi tidak bagus menjadi bersih, mengurangi risiko kebakaran, menghilangkan debu-debu yang berterbangan di udara. Itu juga dampak positif. Tapi merki demikian kita tetap harus waspada kepada yang namanya “Hujan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar