Senin, 25 Januari 2010

HARI RAYA IDUL ADHA

Minggu depan, tepatnya pada tanggal 27 November 2009 kita akan merayakan hari raya idul adha, atau yang lebih di kenal dengan lebaran haji. Lebaran ini dilaksanakan pada saat umat islam melaksanakan ibadah haji. Tapi lain halnya dengan lebaran idul fitri. Lebaran haji ini sebenarnya untuk orang yang melaksanakan ibadah haji, kita hanya ikut melaksanakan lebaran hajinya saja. Kalau pada lebaran idul fitri sangat terasa meriah, karena banyak sekali kegiatan yang dilakukan, misalnya takbir keliling, liburan bersama keluarga, bersilaturrahmi kerumah sanak saudara, dan sebagainya.
Tetapi, kalau lebaran haji berbeda sekali, pada hari itu kita yang mampu diwajibkan untuk berkurban seekor hewan, seperti sapi. Untuk selanjutnya daging-daging dari sapi itu dibagikan kepada warga-warga yang kurang mampu. Tapi kalau pun kita tidak mampu untuk berkurban hewan, juga tidak apa-apa. Pada lebaran haji juga tidak semeriah lebaran idul fitri, kebanyakan lebaran haji hanya terlaksana 1 sampai 3 hari saja, tapi kebanyakan orang hanya merayakan sehari saja, yakni pada hari dimana dirayakan lebaran itu. Dan acara mudik-mudikan juga jarang sekali dilakukan mungkin hanya beberapa persen saja dari sekian banyak orang yang merantau, tidak seperti hari raya idul fitri, orang berbondong-bondong untuk mudik ke kampong halaman.

Sebenarnya tidak hanya untuk dirayakan saja, peringatan lebaran haji juga untuk diambil hikmahnya, bukan hanya untuk bersenang-senang saja. Tapi lebih kepada renungan-renungan. Agar kita bisa jauh lebih baik, belajar untuk bisa mengalah, karna mengalah bukan berarti kalah. Dan untuk semua, saya mengucapkan “SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA”. Semoga kita bisa lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar