Senin, 25 Januari 2010

GEMPA DI PADANG

Oleh : Sumiyati
Semester : V
Prodi : Ekonomi Islam

Padang gempa, gempa yang terjadi pada tanggal 30 september 2009 ini bukanlah gempa pertama kali yang terjadi di Indonesia. Musibah itu adalah kesekian kalinya membuat Indonesia kembali berduka dan menangis. Gempa berkekuatan 7,6 skala rickter ini telah membuat kota padang dan sekitar terlihat rata dengan tanah dalam waktu sekejap. Banyak sekali bangunan-bangunan yang roboh dalam seketika akibat dari gempa yang telah terjadi ratusan orang kehilangan keluarga yang dicintai. Tapi ada pula korban yang selamat dari maut pasca bencana melanda, namun meskipun selamat. Mereka harus hidup dalam rasa takut dan trauma yang mendalam akibat gempa yang telah terjadi di kota padang dan sekitarnya.

Selanjutnya, pasca bencana terjadi dari masing-masing pribadi pastinya timbul 1001 macam pertanyaan di dalam lubuk hati mereka. Mungkin mereka bertanya-tanya, mengapa itu bisa terjadi? Ada apa dengan Indonesia?. Kalau kita mengingat kembali pada masa-masa sebelumnya. Gempa juga pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Contoh di aceh, di tasikmalaya jawa barat, dan lain-lain. Dan sekarang gempa itu menimpa tanah minang yang telah melayangkan ratusan jiwa terlepas dengan sang nyawa. Dari banyaknya argumen-argumen yang dikeluarkan dari pandangan masing-masing individu, ada beberapa yang menarik yang kita dengar. Ada yang mengatakan kalau gempa yang terjadi di daerah padang merupakan dan mendekati gempa yang pernah terjadi di didaerah aceh yaitu tsunami. Tapi ada pula yang mengatakan kalau musibah atau gempa-gempa yang telah terjadi di Indonesia adalah kiamat kecil yang Allah gambarkan kepada umat-Nya, agar manusia di muka bumi ini sadar akan adanya sang pencipta dan kebesaran yang Allah miliki, hanya dalam sekejap dan dengan mudahnya. Allah bisa melakukan apa saja dan diluar dugaan manusia, tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dan yang telah dikehendaki–Nya. Mungkin kita juga berpikir, mengapa hal seperti ini terus dan terus menimpa Indonesia? Apa sebenarnya yang telah terjadi di negeri yang telah kita tinggali ini? Apakah benar kalau musibah yangs erring melanda adalah tanda-tanda bahwa kiamat akan segera dating? Tidak ada yang tahu kapan kiamat akan datang hanya Tuhan Yang Maha Esa lah yang tahu tentang hal itu. Tapi banyak juga yang mengatakan kalau gempa yang sering terjadi adalah kiamat kecil yang akan berujung pada kiamat sesungguhnya.

Banyak sekali dampak yang terjadi akibat gempa yang melanda kota padang. Diantaranya, banyak orang-orang yang kehilangan keluarga, kehilangan harta benda, bahkan kehilangan nyawa juga. Dengan demikian gempa bukan hanya merugikan buat masing-masing individu tetapi Negara juga.

Tetapi ada hikmah di balik semua yang terjadi, termasuk dari musibah gempa yang sering di alami oleh negeri ini. Karena adanya musibah banyak orang-orang yang bisa dan mempunyai kesempatan untuk berbuat bagi terhadap sesama, dengan cara menyisihkan sebagian Rezeki yang didapat untuk para korban selamat yang terkena gempa. Selain itu kita juga bisa mengambil hikmah dari setiap musibah dan kejadian yang menimpa, untuk dijadikan sebagai pelajaran yang berharga. Agar kita bisa menghargai hidup dan lebih baik serta berhati-hati dalam menjalani semua yang sudah menjadi takdir masing-masing individu. Dan kita juga yakin, tidak semua orang mau punya keinginan meninggal dalam keadaan atau dengan cara seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar